04.58

6 Tips Jitu Menjadikan Anak Semangat Dalam Mengerjakan PR

Bukan lah hal yang aneh apabila guru di sekolah seringkali memberikan pekerjaan rumah (PR) untuk murid – muridnya. Pemberian tugas atau pekerjaan rumah sebenarnya merupakan salah satu cara untuk mengembangkan rasa tanggung jawab pada anak. Namun, sayangnya banyak anak yang masih terbebani dengan adanya pekerjaan rumah. Sehingga orang tua seringkali dibuat bingung, karena disatu sisi merasa tidak tega sementara di sisi lain hal tersebut merupakan tanggungjawab anak untuk menyelesaikan pekerjaan rumah.

Oleh karena itu, mendongkrak semangat belajar anak mungkin menjadi satu – satunya solusi bagi ibu agar anak mau mengerjakan pekerjaan rumah yang dimilikinya. Saat semangat untuk mengerjakan pekerjaan rumah pada anak kian membara, maka hal tersebut dapat dilakukannya dengan baik daripada hanya rewel dan tampak frustasi. Untuk memberikan dukungan kepda anak agar mereka dan menyelesaikan pekerjaan rumahnya, maka oran tua dapat menerapkan beberapa hal seperti di bawah ini.
6 Tips Jitu Menjadikan Anak Semangat Dalam Mengerjakan PR
1. Berikan suasana yang nyaman
Orang tua sebisa mungkin harus berusaha agar anak memperoleh suasana rumah yang menyenangkan untuk mengerjakan PR. Berikan lah kata – kata yang dapat memotivasi anak agar ia menjadi semakin giat untuk menyelesaikannya. Saat suasana rumah menjadi nyaman, maka stres yang di alami oleh anak dapat semakin diredam.

2. Jangan biarkan anak belajar dengan perut kosong
Salah satu faktor yang dapat menyebabkan timbulnya stres dan kesulitan belajar pada anak ialah karena perut yang kosong. Oleh karena itu, saat Anda melihat ekspresi anak yang merasa tertekan saat sedang belajarnya, maka mintalah ia untuk beristirahat sejenak dan mengisi perutnya sehingga semangat dalam mengerjakan PR dapat kembali hadir dan ia pun menjadi semakin tenang dan nyaman.

3. Jangan menyatpami anak
Anda sebaiknya tidak berperan sebagai satpam dengan terus berdiri selama anak mengerjakan PR dan melipat tangan didada hanya karena ingin memastikan jika anak dapat menyelesaikan pekerjaan rumahnya dengan baik dan sempurna. Karena hal tersebut justru akan membuat konsentrasi anak menjadi buyar akibat ketegangan yang dirasakannya.

4. Tengok sesekali
Untuk memastikan bahwa anak telah menyelesaikan PR – nya dengan baik, maka tidak ada salahnya jika Anda menengok mereka sesekali. Apabila memungkinkan, pastikan bahwa mereka tidak menyadari saat Anda mengontrolnya. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa anak dapat mengerjakan pekerjaan rumahnya dan berusaha untuk menyelesaikannya dengan baik.

5. Pujilah pekerjaan dan kerja keras mereka
Memuji pekerjaan dan kerja keras anak dalam melakukan sesuatu tentunya akan membuatnya merasa lebih dihargai. Anda juga dapat melakukan hal lain seperti membuatkannya makanan kesukaan sebagai hadiah atas kerja kerasnya. Dengan demikian, mereka tidak hanya akan merasa senang, tetapi juga temotivasi untuk dapat melakukan hal yang lebih baik dari sebelumnya.

6. Berikan contoh yang baik
Saat Anda berharap agar anak – anaknya dapat menjadi rajin dan mampu menyelesaikan segala tugas yang sudah menjadi kewajibannya, maka Anda sebaiknya memberikannya contoh yang baik juga. Karena anak – anak akan dapat menjadi pribadi yang baik, apabila orang tua mereka mampu menjadi teladan yang sempurna bagi mereka.

0 comments:

Posting Komentar