22.49

Ibu Hamil Penyuka Kopi Cenderung Lahirkan Bayi Kecil

Kelahiran anak secara normal dalam kondisi sehat dan berat badan normal merupakan keinginan setiap orang tua, terutama ibu. Jika ingin kondisi yang seperti itu, upayakan menghindari atau mengurangi konsumsi kafein. Mengapa?

Sebuah studi terbaru menyebutkan, ibu hamil yang banyak mengonsumsi minuman berkafein setiap hari, kopi misalnya, memungkinkan bayi mereka lahir dengan ukuran lebih kecil dibandingkan bayi lain yang ibunya tidak banyak atau bahkan sama sekali tidak mengonsumsi minuman berkafein.

Para peneliti mengamati lebih dari 7.300 perempuan hamil di Belanda. Pengamatan dilakukan hingga mereka melahirkan. Dalam studi itu Rachel Bakker bersama timnya di Erasmus Medical Center di Rotterdam menggunakan pemindai ultrasound (USG) untuk memonitor pertumbuhan janin selama kehamilan pada 7.346 perempuan.

Pada masing-masing trimester, ibu hamil melaporkan kebiasaan mereka minum teh dan kopi. Kebanyakan dari mereka minum kurang dari takaran setara empat cangkir kopi per hari. Tapi sekitar 2 persen hingga 3 persen wanita itu minum enam cangkir atau lebih minuman berkafein. Rata-rata panjang bayi ibu yang minum enam cangkir kopi itu itu lebih pendek dari ibu yang tidak mengonsumsi minuman berkafein selama hamil.

Perempuan yang menggilai minuman berkafein juga memiliki risiko kelahiran prematur pada bayinya. "Konsumsi kafein sepertinya mempengaruhi pertumbuhan panjang janin, mulai dari trimester pertama hingga seterusnya," ujar Bakker.

Temuan itu belum bisa dipastikan kebenarannya, karena baru didasarkan pada jumlah bayi yang sedikit. Dari 104 bayi yang lahir dari ibu yang banyak mengonsumsi kafein tercatat tujuh di antaranya memiliki usia lebih singkat di kandungan.

Jadi, sebaiknya kurangi konsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya selama hamil. Namun itu bukan berarti tak banyak minum kopi kehamilan Anda akan aman. Kafein hanya salah satu fakto yang berpeluang mengganggu kehamilan.
 Sumber

0 comments:

Posting Komentar