04.11

Minum vitamin bisa memperpendek usia?

aneka vitamin
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi vitamin ternyata memiliki risiko meninggal lebih tinggi daripada mereka yang tidak minum vitamin. Penelitian yang melibatkan 1800 warga Finlandia berusia 62 sampai 74 tahun ini membuktikan jumlah orang yang meninggal karena konsumsi rutin vitamin lebih banyak daripada mereka yang tidak mengonsumsi.

Hasil penelitian ini sejalan dengan sebuah studi yang pernah dilakukan oleh para ahli di University of Minnesota yang juga menemukan fakta mengenai hubungan mengonsumsi vitamin dengan usia seseorang. Para ahli menduga bahwa orang-orang yang tergantung dengan vitamin tersebut memang memiliki masalah kesehatan, sehingga mereka memilih untuk mengonsumsi vitamin atau suplemen secara rutin (yang ternyata malah berdampak buruk bagi kesehatan mereka).

Sebagaimana berita ini dilansir dari India Times (26/03), konsumsi vitamin meningkatkan kadar besi dalam tubuh secara berlebihan dan berbahaya bagi kesehatan. Senyawa besi tersebut juga pro-oksidan yang mampu memicu stres dan berdampak pada penyakit kronis.

Meskipun demikian, penelitian yang telah dipublikasikan ke dalam jurnal Archives of Internal Medicine ini tetap membutuhkan studi lebih lanjut. Selain itu, meningkatnya jumlah orang yang meninggal meski telah mengonsumsi vitamin secara rutin bukan berarti vitamin menjadi satu-satunya penyebab kematian seseorang tersebut.
 Sumber

0 comments:

Posting Komentar